Batik Gaul Pekanbaru, Hadirkan Nuansa Lokal nan Trendi

Juragan Riau 7 December, 2012 1

Batik saat ini telah menjamah  semua kalangan. Batik tak lagi mengenal kelas ekonomi, jenis kelamin dan usia.  Batik bisa menjadi pilihan gaya berpakaian yang asyik untuk sekedar pergi kuliah bahkan hangout. Corak khas dari batik dinilai merupakan alasan utama mengapa batik begitu disukai atau istilah dikalangan  anak mudanya batik gaul.

Namun untuk dapat tampil menarik dan elegan dengan batik bukanlah hal yang mudah. Anak muda Indonesia harus jeli dalam menggunakan kain, motif, serta warna batik yang menarik.

Meskipun corak batik telah mengalami perubahan yang signifikan, tetapi model baju batik modern seperti ini sangat bisa diterima oleh pasar pada umumnya, wajar saja karena segmen baju batik modifikasi ini memang mengincar kelas anak muda yang berani tampil beda tetapi tetap berbudaya.

Hal itulah yang telah menginsipirasi Mas Aden, pemilik Batik Gaul Pekanbaru untuk membangun usaha yang sekarang digelutinya. Pria lajang bernama lengkap Raden Noer Pangripto Widjojodharmo mengungkapkan  batik modifikasi hadir dengan perpaduan busana kasual dengan batik, hanya semua ukiran dan seni tulisnya tetap sama tetapi yang membedakannya yakni pada modelnya.

Dijelaskannya bahwa dulu batik sangat identik dengan pakaian yang hanya dipakai di saat acara pernikahan atau acara-acara resmi saja, dan banyak dipakai oleh para orangtua. Namun seiring dengan kemajuan zaman saat ini, maka kini batik tidak lagi menjadi busana untuk acara resmi tetapi juga bisa dipakai pada saat suasana santai, batik bisa dipakai.

“Saat ini batik sudah banyak dilakukan modifikasi, hadir dengan motif dan model yang lebih trend. Namun untuk model lebih banyak dilakukan modifikasi yang terinspirasi dari busana-busana kasual, seperti perpaduan model busana korea dengan batik,”ujar Mas Aden lagi.

Kehadiran Batik Gaul Pekanbaru merupakan jawaban bagi para pencari batik dan berdasarkan pengalaman bahwa sulitnya mencari batik di Pekanbaru, maka Batik Gaul menyediakan ragam busana batik mulai dari Mukena Batik Gaul, Seragam Batik, dres Dewasa, Anak, celana dan aksesoris yang bermotif Batik dan lainnya.

Batik yang disediakan merupakan produksi langsung dari Yogyakarta, yang tidak banyak beredar di pasaran karena Batik Gaul memiliki desain dan corak yang unik sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Tren Kaos Batik Riau
Selain busana batik dengan model modifikasi, Batik Gaul juga menghadirkan kaos batik Riau dengan ragam modifikasi yang dihadirkan dengan lambang dan filosofi daerah Riau, yang tersedia untuk dewasa cowok, cewek dan couple atau pasangan.

“Di Riau,  batik masih kurang diminati, maka kita mencoba mengenalkan batik bagi para anak muda melalui lambang-lambang yang kita dapatkan dari buku sejarah Riau yang memiliki makna tersendiri dari sejarah Riau,”tutur Mas Aden.

Keunikan dari kaos Batik Riau ini yakni lambang yang dicetak diatas kaos tersebut memiliki arti dan makna seperti gambar bintang dengan garis dua disetiap bintangnya yakni “kalau memakai bintang-bintang hidup tidak membeban hutang, ketengah ketepi hidup terpandang, pikiran sejuk dadapun lapang”.

Namun selain itu, terdapat lambang-lambang lainnya dengan makna tersendiri. “Kaos batik Riau ini sengaja kita desain yang diambil dari buku sejarah Riau dengan menampilkan lambang tersebut diatas kaos, sehingga kaos ini diharapkan bisa menjadi oleh-oleh khas Riau bagi para wisatawan dan menjadi satu kebanggaan bagi masyarakat Riau khususnya.

Selain menampilkan lambang sejarah Riau ini pada kaos, lambang tersebut juga banyak ditampilkan disetiap sudut kota, dan tanpa disadari bahwa lambang tersebut ada maknanya. Untuk mendapatkan seluruh koleksi batik Batik Gaul ditawarkan mulai harga Rp80 ribu hingga Rp300 ribuan.

“Untuk kemudahan konsumen, saat ini Batik Gaul Pekanbaru telah memiliki 2 outlet yaitu di Durian 21 A Pekanbaru  dan Jalan Lembaga Pemasyarakatan  ( Depan Rumah Sakit PMC)  Pekanbaru, atau bisa menghubungi kami  melalui PIN BB: 2A2C2F0C dan telpon  0823 8985 9191  serta bisa follow twitter kami @batikgaulpku” jelas Mas Aden yang juga alumni Entrepreneur Camp angkatan 51 ini.  (sumber : Haluan Riau Express)

One Comment »

  1. krozden 23 April, 2013 at 4:10 pm -

    Pakai batik memang bikin kita jadi trendi ya sob
    Makasih infonya

Komentar »

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel atau berita terbaru langsung ke email Anda.